Pengrajin Kulit “Maju Rahayu” di Los 2/24

 

 

SALAH SATU komoditas andalan dari pengrajin kulit di Kabupaten Bantul adalah produksi wayang dari kulit sapi (agak keras) dan domba (lentur). Faktor pendukung terwujudnya sentra industri kerajinan kulit ini diantaranya adalah ketersediaan bahan baku. Sumber bahan baku di Kabupaten Bantul cukup ada dengan lokasi yang strategis, berdekatan bahkan menyatu dalam lingkungan sentra industri kecil penyamakan kulit yang ada di sekitar Yogyakarta.

Selain itu letak geografis Kabupaten Bantul yang dekat dengan kota Yogyakarta sebagai pusat perdagangan Kerajinan dan Solo sebagai pusat perdagangan dan perniagaan di daerah Jawa Tengah, memungkinkan pelaku bisnis untuk terus serius meningkatkan produksi Kerajinan kulit karena mudah dipasarkan.

Pengrajin Kulit “Muji Rahayu” yang berada di Los 2/24 Pasar seni Gabusan menangkap peluang bisnis kerajinan kulit dengan menerima tawaran dari pengelola Pasar Seni Gabusan dengan membuka counter di Pasar Seni Gabusan. Pak Surojo, selaku pemilik merasakan bahwa membuka counter di Pasar Seni Gabusan meningkatkan promosi dan penjualan hasil karya kerajinannya sekitar 30% perbulan. Hasil kerajinan dari Maju Rahayu ini banyak, berupa : Wayang Kulit, Hiasan-hiasan dinding, Kaligrafi, kipas seni, batas buku, dll. Kepandaian mengelola Kerajinan kulit ini diturunkan dari bapaknya Bapak Suwarjo.

Menurut beliau Pasar Seni Gabusan menciptakan pertemuan user dan buyer dengan tanpa perantara, tetapi juga banyak yang menjadi tangan kedua dari pihak luar negeri. Pak Surojo telah mengirimkan karya kerajinan kulitnya ke beberapa daerah di Eropa seperti Yunani dan Belanda. Harga yang ditawarkan di Pasar Seni gabusan dijual rentang antara Rp. 2.500 – Rp.500.000,- sesuai dengan ukuran dan kesukaran kerajinan yang dibuat.

Selain memenuhi permintaan konsumen lokal dan nasional, kerajinan Maju Rahayu juga sudah merambah ke pasar Nasional untuk memenuhi permintaan konsumen lokal. Hambatan yang dihadapi adalah teknologi pengolahan untuk percepatan proses produksi dan lemahnya pengendalian kualitas terhadap komoditas barang yang dihasilkan sehingga dapat mempengaruhi kinerja citra komoditas yang sudah terbentuk. Jika hambatan ini tidak diatasi, maka pengrajin kulit Maju Rahayu Bantul akan kalah bersaing dengan pengrajin kulit dari daerah lain yang ironisnya justru mengolah kulit juga, seperti dari daerah Jawa Barat. Pengrajin Kulit Maju Rahayu ini dapat kita temui di Pasar Seni Gabusan Los 2/ 24 atau langsung ke sentranya di Pucung Kr.Asem WK Sari Imogiri I Bantul Yogyakarta dengan no Telepon 081392144081 atau fax. 02746460603, disana kita akan  disajikan berbagai macam seni kerajinan kulit, karya adiluhung orang Bantul.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: